5 Film Dokumenter Tentang Indonesia

Baru-baru ini Good Pitch Indonesia, In-Docs dan Bekraf memilih 5 film documenter terbaik tentang Indonesia untuk di promosikan kepada masyarakat luas.

Film ini dibuat dengan maksud memberikan edukasi sekaligus memperkaya film documenter tentang Indonesia setelah Sexy Killer.

Film documenter sendiri adalah film yang mendokumentasikan kenyataan. Istilah documenter pertama kali digunakan dalam resensi film Moana (1926).

Di prancis, istilah documenter digunakan untuk semua film non fiksi termasuk film mengenai pelajaran dan film pendidikan.

Dalam film documenter, tidak ada cerita fiktif yang dibuat-buat untuk mendramatisir adegan sepanjang film.

Mereka mereka sehari-hari, misalnya kereta api masuk ke stasiun. Pada dasarnya, film documenter merepresentasikan kenyataan. Artinya, film documenter berarti menampilkan kembali fakta yang ada dalam kehidupan kita semua.

Film documenter juga merupakan rekaman kejadian yang diambil langsung saat kejadian nyata sedang verlangsung. Memang, dalam film ini unsur hiburan tak terlalu ditonjolkan.

Yang ditonjolkan adalah pesan khusus dari tema film nya untuk digunakan sebagai media kritis social, atau entertain.

5 Film Dokumenter Indonesia Yang Wajib Kamu Tonton

Namun, tahukah kalian kalau ternyata ada banyak film documenter yang berhubungan dengan Indonesia? Kalau gak tahu, yuk simak dibawah ini.

1.Negeri Dongeng

Negeri dongen berkisah tentang 7 sineas muda Indonesia yang mendaki 7 puncak gunung tertinggi di Nusantara dan berbekal 7 kamera bersama-sama.

Anggi Frisca sebagai sutradara, Chandra Sembiring sebagai produser, Teguh Rahmadi, Jogie KM Nadeak, Rivan Hanggarai, Wihana Erlangga, Yohanes Patiassina sebagai pemeran utama.

Namun, ada juga beberapa artis yang main sebagai guest expeditor, yaitu Nadine Chandrawinata, Media Kamil, Darius Sinatria, dan Matthew Tandioptra, sebagai pendaki termuda.

2.Pantja Sila: Cita-Cita & Realita

Film documenter ini menceritakan sebuah sejarah Pancasila secara detail. Pada 1 Juni 1945, Ir Soekarno membaca pidato Pancasila di depan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)

Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Kalau kalian nonton ini, dijamin kalian akan lebih mengerti arti dari Pancasila.

3.Heaven for Insanity

Film ini digarap oleh Dria Soetomo dan memenangkan penghargaan film documenter pendek di Festival Film International Anuu-ru Aboro 2011 di New Caledonia, Prancis.

Film ini berkisah tentang kejiwaan (a documentary about mental institution) yang mengisahkan seseorang bernama Watmo.

Ia merupakan orang yang selalu hidup sesuai dengan kemauannya sendiri.

4.Green Death of Forests

Green death of forests menggambarkan penyebab dan konsekuensi dari deforestasi hutan yang terjadi di Indonesia.

Suasananya yang tentram, tenangnya alam liar, hingga munculnya orang utan di hutan dapat kita nikmati di film tersebut.

Film ini dibuat dengan kamera kecil oleh turis asing dan mendapatkan suntikan dana dari Environmental Fil Making.

5.Indonesia Kirana

Indonesia Kirana merupakan film documenter musical. Film ini bercerita tentang kelompok anak muda yang mewakili budaya Indonesia. Mereka bersatu memperkenalkan budaya Indonesia melalui musik serta paduan suara.

Itulah 5 film documenter yang menceritakan tentang sejarah maupun kehidupan di Indonesia. Film-film seperti ini tentu saja akan menambah ilmu pengetahuan kalian, khususnya informasi mengenai Tanah air kita, Indonesia.

Namun, banyak orang yang menyamakan film documenter dengan film horror. Tapi jangan salah, tidak semua film documenter itu memiliki kesan horror loh.

Bahkan, ada film documenter yang justru mengibur dan sedih. Jadi, jangan ragu untuk menonton film dengan genre seperti ini ya.

Nah, dari beberapa film di atas, ada kah yang pernah kalian tonton sebelumnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *