Film Dokumenter Yang Berhubungan Dengan Sejarah

Film dengan label “based on true story” atau berdasarkan kisah nyata selalu berhasil mendapatkan tempat special di mata penonton.

Mengetahui bahwa kisah yang mereka tonton benar-benar terjdi membuat film ini terasa lebih nyata. Mungkin juga karena acting pemerannya yang menawan memberikan efek yang berlipat pada film tersebut.

Cerita kisah nyata dengan film documenter memiliki hubungan yang erat. Istilah film documenter sendiri memiliki arti film yang mendokumentasikan kenyataan.

5 Film Dokumenter Dengan Latar Belakang Sejarah

Berkat perkembangan teknologi kamera dan drone, genre film ini seolah mencapai masa keemasannya. Klip-klip yang tadinya mustahil diambil menjadi lebih mudah didapatkan.

Daerah-daerah yang tadinya tidak bisa dijangkau oleh kru film, kini bisa diakses dengan bantuan pesawat nirawak.

Tapi, bukan hanya teknologi yang membuat film ini menjadi bagus dan mendapat pujian. Film documenter yang baik menyuguhkan cerita yang menarik dengan karakter dan tokoh yang kuat.

Selain itu, film documenter juga ada yang mengangkat cerita melalui sejarah. Nah, untuk kalian yang tertarik dengan sejarah, kalian harus banget nonton film-film berikut:

1.The Act of Killing (2012)

The act of killing merupakan film documenter karya Joshua Oppenheimer. Film ini mendapatkan berbagai penghargaan film documenter terbaik pada BAFTA Award 2013.

Film ini mengangkat kisah beberapa individu yang terlihat dalam pembunuhan masal anti-PKI pada tahun 1965 – 1966 lalu.

Film ini mendapatkan tanggapan positif dari media massa dan juga penontonnya. Untuk kalian yang penasaran dengan kelamnya sejaah Indonesia, kalian harus menonton film satu ini.

2.Conversations With a Killer: The Ted Bundy Tapes (2019)

Documenter ini menceritakan tentang seorang pembunuh berantai bernama Ted Bundy yang sulit ditangkap dan pernah meloloskan diri sebanyak 2 kali.

Kaset-kaset yang menjadi materi pada documenter ini berasal dari rekaman seorang jurnalis yang mewawancarai Bundy sebelum menjalani hukuman mati.

Selain itu, ada juga wawancara dari satu-satunya korban yang selamatn dari percobaan pembunuhan yang akan dilakukan oleh Bundy.

Film garapan Joel Berlinger ini dibagi menjadi empat episode dan tersedia juga di layanan video streaming Netflix.

3.Our Planet (2019)

Film ini mungkin bisa membuat kalian menangis saat menontonnya. Our planet menggambarkan tentang betapa indahnya bumi yang dulu.

Namun, bumi yang sekarang tengah menuju kehancurannya jika umat manusia tidak mau mengubah perilakunya.

Film ini indah karena proses pengambilan gambarnya sangat mempesona, namun pesan yang ingin disampaikan sebenarnya sunggu amat mengerikan.

4.Citizenfour (2014)

Citizenfour mendokumentasikan skandal mata-mata di NSA pada 2014 lalu mengenai pembocoran data-data rahasia oleh Edward Snowden secara real time.

Laura Poitras, seorang pembuat film documenter, sedang memeriksa penggunaan system pemantauan di Amerika pasca kejadian 9 / 11 dan ia pun menerima surel dari seseorang yang bernama Citizenfour.

Citizenfour sendiri ternyata merupakan nama samara Snowden. Film ini mencakup pertemuan antara Poitras, Snowden, dan Jurnasil The Guardian bernama Glenn Greenwald, dan Ewan McAskill.

Kisahnya menjadi salah satu kisah paling kontroversial dalam beberapa tahun terakhi.

Film documenter seringkali menjadi media yang menarik bagi semua orang untuk mempelajari sesuatu seperti sejarah, ilmu pengetahuan, sampai kata-kata yang berkembang hingga sekarang.

Pengemasannya juga sekarang semakin beraneka ragam dengan menggunakan pengembangan cerita yang menarik.

Setelah mengetahui film-film diatas, apakah kalian tertarik untuk menonton salah satunya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *