Rekomendasi Daftar Film Dokumenter Terbaik, yang Wajib Ditonton!

Hasil karya perfilman yang hadir di dunia ini, memiliki jenis varian genre yang bermacam, salah satu adalah genre dokumenter. Dimana pada genre ini merupakan sebuah film non-fiksi yang mendokumentasikan realitas yang terjadi baik manusia, masyarakat, hingga lingkungan. Banyak film dokumenter menawarkan kisah tragis serta menegangkan jantung para pemain. Untuk kesempatan kali ini, kami akan hadir untuk merekomendasikan daftar film bergenre dokumenter terbaik yang wajib sekali kalian mainkan. Penasaran? Simak daftar di bawah ini.

Film Dokumenter yang Menegangkan & Mengadu Adrenalin

1. Jiro Dreams of Sushi

Jiro Dreams of Sushi bercerita tentang seorang master chef sushi yang sudah lanjut usia bernama Jiro Ono yang memiliki restoran Sukiyabashi di kota Tokyo, Jepang. Dimana restoran yang ia miliki mempunyai reputasi yang sangat tinggi dan memiliki 3 bintang Michelin. Dimana pada film ini berfokus pada Jiro Ono yang terus mengasah skill-nya menyajikan sebuah sushi meski usianya yang sudah lanjut usia mencapai 85 tahun. Ia juga berusaha memberikan kepercayaan kepada para anak-anaknya untuk meneruskan restoran legendarisnya agar berjaya di masa depan.

2. Capturing The Friedmans

Capturing The Friedmans merupakan sebuah film dokumenter yang ceritanya menyentuh mengenai para badut pesta ulang tahun, film ini sendiri di sutradarakan oleh Andrew Jarecki. Pada suatu ketika saat meriset narasumber, David Friedman menemukansuatu hal yang mengejutkan. Dimana saudara laki-laki dan ayah David Friedman merupakan seorang tersangka pelecehan seksual pada anak bawah umur. Film ini berfokus dengan penyelidikan tentang keluarga Friedmans.

Dari hasil wawancara dan alat bukti rekaman video, keluara Friedman dinyatakan bersalah dan diadili untuk mendapat hukuman yang sesuai.

3. The Overnighters

The Overnighters mendokumentasikan sebuah kota kecil di Dakota Utara bernama Williston yang jumlah penduduknya meningkat drastis karena ditemukannya sumber minyak di kota tersebut. Dimana para pendatang baru itu berharap akan memperoleh pekerjaan yang layak di kota itu, karena sedang terjadi penurunan ekonomi besar-besaran di Amerika Serikat. Hanya saja para penduduk lokal kota itu membenci pendatang baru itu, kecuali Jay Reinke, seorang pastor yang menerima pendatang baru itu untuk sementara tinggal di gereja yang ia layani.

4. Gleason

Gleason merupakan sebuah film yang membawakan kisah hidup Gleason yang terus bertahan dan menghadapi penyakit demi istri dan anaknya yang pada saat itu belum lahir. Dimana orang ini merupakan mantan pemain football dan ikon yang pernah bermain di New Orleans Saint di NFL Amerika Serikat. Dimana pada usia mudanya berumur 34 tahun, ia menderita penyakit ALS atau dikenal sebagai Lou Gehrig’s Disease.

5. How to Survive a Plague

How to Survive a Plague mendokumentasikan sebuah kisah perjuangan organisasi ACT UP (AIDS Coalition to Unleash Power) untuk menumbuhkan awareness mengenai AIDS dan memanusiakan para penderita AIDS. Dimana orang-orang yang mempunyai penyakit AID pada tahun 1980’an merupakan orang yang tersingkir dan tidak dipedulikan oleh para masyarakat dan pemerintah. Tidak hanya itu, rumah sakit juga ikut menolak merawat para pasien pederita AIDS. Tetapi karena hasil perjuangan organisasi ACT UP  menghasilkan para penderita dapat memperoleh perawatan dan mendapat perhatian khusus dari segala kalangan yang ada.

Inilah 5 daftar film dokumentasi terbaik yang menyentuh hati dengan berbagai kisah menarik bahkan menginspirasi mengenai kehidupan manusia. Pastikan, kalian tidak melewatkan film diatas ini ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *